kabupatenbogor.com – Pemeriksaan Radiologi masih cukup awam bagi masyarakat, meskipun begitu radiologi memiliki banyak fungsi yang sangat cukup penting untuk mengetahui kondisi penyakit dalam tubuh seorang pasien.

Radiologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang untuk mengetahu atau mendiagnosis  bagian dalam tubuh manusia dengan menggunakan keluaran hk teknologi pencitraan, baik gelombang elektromagnetik maupun gelombang mekanik. Dokter yang mengkhususkan dirinya dalam bidang ilmu radiologi disebut juga sebagai dengan ahli radiologi atau radiolog.

Radiolog sendiri bertindak sebagai konsultan ahli yang bertugas untuk memberikan rekomendasi pemeriksaan yang dibutuhkan, menafsirkan gambar medis dari hasil pemeriksaan, serta menggunakan hasil tes untuk pengobatan yang sesuai dengan kondisi pasien.

Alat Radiologi

Alat radiologi yang digunakan untuk pemeriksaan banyak dikenal adalah rontgen menggunakan sinar X, CT scan, USG atau ultrasonografi, MRI dan pemeriksaan nuklir. Pemeriksaan radiologi punya fungsinya masing-masing dalam mendeteksi penyakit, beberapa contoh kegunaan pemeriksaan radiologi seperti berikut ini:

  • Rontgen sinar X: Kelainan pada paru-paru seperti pneumonia, bronkitis, kanker paru dan kelainan paru sejenisnya.
  • CT Scan: Masalah pada tulang seperti patah tulang yang kompleks, tumor sendi, pergeseran tulang dan sendi.
  • USG (ultrasonografi): Kelainan pada jantung dan pembuluh darah seperti penyakit jantung, gagal jantung, gangguan otot jantung, penyakit katup jantung.
  • MRI: Kelainan pada saraf dan otak seperti stroke, tumor, pendarahan otak, meningitis, dan lain sebagainya.

Ruang Radiologi

Ruang radiologi yang digunakan untuk pemeriksaan radiologi pada umumnya terdiri atas beberapa bagian tergantung pada fungsi dan jumlah sarana yang dimiliki oleh unit layanan kesehatan tersebut. Beberapa contoh ruang radiologi yang umum dihadirkan di unit layanan kesehatan seperti, seperti ruang CT scan, ruang X-ray, ruang USG, ruang MRI dan lain-lain.

Dokter radiologi

Dokter radiologi adalah seorang ahli radiologi atau radiolog. Seorang ahli radiologi adalah dokter umum yang telah menempuh pendidikan idn play spesialis radiologi selama 7 semester, untuk mendapatkan gelar dokter spesialis radiologi (Sp.Rad). Dokter radiologi akan membantu pasien dalam melakukan pemeriksaan radiologi dengan tujuan melihat apakah ada masalah kesehatan dalam tubuh pasien, agar dapat segera ditegakkan diagnosanya dan dapat diarahkan pada pengobatan yang dibutuhkan oleh pasien.

Peran ahli radiologi sangat penting dalam sektor kesehatan, karena keahliannya dibutuhkan untuk memberikan bantuan kepada pasien, apabila ada masalah-masalah kesehatan atau kondisi medis lainnya yang berkaitan dengan pembedahan, kebidanan, perawatan pada penyakit kanker, pengobatan darurat, penyakit menular dan banyak yang lainnya.

Tujuan dan Manfaat Pemeriksan Radiologi

Radiologi membantu tim medis dalam melihat struktur di dalam tubuh. Dokter yang berspesialisasi dalam interpretasi gambar-gambar ini adalah ahli radiologi diagnostik.

Dengan menggunakan gambar diagnostik, tim medis dapat mendiagnosis penyebab dari gejala yang pasien alami. Selain itu juga dapat memantau respons tubuh dalam menerima pengobatan.

Radiologi juga menjadi skrining untuk berbagai penyakit. Contohnya seperti kanker payudara, kanker usus besar, atau penyakit jantung. Selain itu, pemeriksaan ini bermanfaat untuk:

  • Menentukan kapan pasien memerlukan pembedahan.
  • Membantu dalam membuat diagnosis dan manajemen lebih lanjut dari sebagian besar kondisi tubuh.
  • Radiologi intervensi, yang melibatkan pengobatan serta diagnosis, memiliki risiko yang lebih kecil, waktu pemulihan yang lebih singkat, dan waktu rawat inap yang lebih singkat ketimbang operasi terbuka atau operasi lubang kunci (laparoskopi).
  • Memandu pengobatan gangguan, seperti penyakit jantung dan stroke secara visual.
  • Skrining penyakit seperti kanker payudara (mammografi). Dengan deteksi  dan pengobatan dini mampu mengurangi angka kematian pada pengidapnya.
  • Meningkatkan diagnosis kanker dan merupakan pengobatan yang efektif untuk kanker, serta penyakit lainnya (onkologi radiasi atau terapi radiasi).